Header Ads

Breaking News
recent

KPU Mulai Seleksi PPK Jelang Pilkada

 


Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa, melaksanakan seleksi terhadap ratusan pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) jelang Pilkada pada bulan November mendatang.

“Jadi, ada sebanyak 305 pelamar yang akan kita seleksi sebagai PPK di Pilkada mendatang,” kata Ketua KPU Sumbawa, Syamsi Hidayat, kepada wartawan, Senin, 6 Mei 2024.

Seleksi terhadap ratusan pelamar itu menggunakan sistem Computer Asisted Test (CAT) sehingga pelamar bisa langsung melihat nilainya. Tes menggunakan CAT merupakan aturan yang harus dilaksanakan untuk menjaga integritas dan independensi KPU selaku penyelenggara.

“Seleksi tersebut kita laksanakan dalam dua hari, dalam dua hari itu ada 5 sesi yang kita gunakan,” ucapnya.

Di hari pertama pelaksanaan lanjut Syamsi, pihaknya menggunakan tiga sesi dan besok (hari ini, red) akan ada tiga sesi. Sesi pertama ada empat kecamatan yang mengikuti tes dan kedua ada lima kecamatan yang dilaksanakan di salah satu gedung SMK di Sumbawa.

“Kalau untuk sesi ketiga ada 5 kecamatan juga, masing-masing dari 305 peserta itu kita bagi lima untuk lima sesi tersebut,” jelasnya.

Setiap kecamatan nantinya akan diisi oleh 5 orang PPK tidak berpatokan pada luas atau kecilnya suatu wilayah. Dia pun meyakinkan, tidak akan membedakan antara PPK yang baru melamar dengan PPK yang sebelumnya menjabat dan mendaftar kembali untuk Pilkada.

“Tidak ada perbedaan, karena kita membuka ini secara umum. Bahkan proses seleksinya juga kita buka secara umum, jadi sama perlakuan antara PPK yang lama dan baru,” tambahnya.

Apalagi dengan menggunakan CAT, maka tidak ada lagi perbedaan antara PPK yang sudah menjabat sebelumnya dengan PPK yang baru. Artinya mereka akan sama-sama melakukan seleksi yang akan menentukan terpilih atau tidaknya adalah kompetensi mereka saat tes.

“Selesai tes CAT ini kan, kita akan melaksanakan tes wawancara terhadap calon anggota PPK yang masuk dalam Wawancara nantinya dua kali kebutuhan jadi 10 orang masing-masing kecamatan,” tutupnya. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.